• Rabu, 29 Juni 2022

Kunker Komisi II DPR Ke Papua Serap Aspirasi Soal Pemekaran

- Kamis, 23 Juni 2022 | 16:02 WIB
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (23/6/2022). ANTARA/Tri Meilani Ameliya.
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (23/6/2022). ANTARA/Tri Meilani Ameliya.

Floresnews.id - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Papua mulai Jumat (24/6) sampai Minggu (26/6) untuk menyerap aspirasi masyarakat mengenai pemekaran provinsi tersebut.

"Nanti pukul 02.00 WIB, kami akan ke Provinsi Papua. Kami ke Merauke untuk menampung aspirasi," kata Junimart kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan Komisi II DPR RI akan mendengar aspirasi dan harapan masyarakat mengenai pemekaran atau pembentukan tiga provinsi baru di Papua, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan Tengah melalui pertemuan dengan para tokoh masyarakat dan para kepala daerah setempat.

Baca Juga: Anggota DPR nilai tepat Presiden Jokowi temui pimpinan Ukraina-Rusia

Selanjutnya, kata Junimart, Komisi II DPR RI akan mempertimbangkan semua aspirasi dan harapan dari masyarakat Papua.

Apabila ada hal yang penting dan mendesak untuk dilibatkan dalam pemekaran Papua, katanya, maka Tim Perumusan dan Tim Sinkronisasi Tiga RUU Pembentukan Provinsi Baru di Papua akan mengakomodasi aspirasi itu dalam kajian mereka.

"Sepanjang (aspirasi) itu urgen, kami masukkan. Sangat bisa (mengakomodasi aspirasi), sebelum masuk ke Sidang Paripurna DPR," ujar Junimart.

Baca Juga: Menhan Prabowo dan PM Kamboja tukar pikiran tentang ASEAN

Dia menekankan bahwa perumusan dan pembahasan Tiga RUU Pembentukan Provinsi Baru di Papua itu memang perlu dilakukan secara cermat guna mewujudkan pemerataan ekonomi, pembangunan, dan menyejahterakan masyarakat Papua.

Halaman:

Editor: Andy Paju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi dan Ibu Negara tiba di Jerman

Senin, 27 Juni 2022 | 08:17 WIB
X