Mengejutkan, Mahasiswa China di Beijing Favoritkan Lagu Maluku Rasa Sayange

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:35 WIB
HO-Atdikbud KBRI Beijing)
HO-Atdikbud KBRI Beijing)

Floresnews.id - Lagu "Rasa Sayange" dari Maluku menjadi tembang yang paling favorit bagi para mahasiswa China saat mengikuti lomba menyanyikan lagu berbahasa Indonesia menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI.

Tujuh dari sepuluh peserta lomba menyanyi yang digelar secara daring oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan pada Kedutaan Besar RI di Beijing pada Jumat (5/8) itu menyanyikan "Rasa Sayange" pada lagu pilihan.

Lagu "Rasa Sayange" merupakan lagu khaa daerah Maluku dan sudah sangat terkenal sejak lama. Lagu tersebut diciptakan oleh Paulus Pea, seorang penggubah dari Maluku, dan direkam di piringan hitam pada 1962 di Studio Lokananta yang legendaris di Kota Solo.

Baca Juga: Mengungkapkan Karier dan Prospek Pekerjaan Anda Hari Ini, Simak Berikut Ramalan Zodiak Scorpio 6 Agustus 2022

Peserta lainnya memilih lagu "Manuk Dadali" dari daerah Jawa Barat untuk lagu keduanya.

Sementara lagu wajib, pihak panitia memberikan dua pilihan, yakni "Indonesia Pusaka" dan "Satu Nusa Satu Bangsa".

Para peserta lomba menyanyi tersebut merupakan mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia dari berbagai perguruan tinggi di China.

"Pilihan para peserta tersebut menunjukkan bahwa lagu 'Rasa Sayange' sangat digemari dan populer di China," kata Atdikbud KBRI Beijing, Yaya Sutarya, di Beijing, Sabtu.

Menurut dia, hal itu sekaligus meneguhkan bahwa "Rasa Sayange" merupakan lagu daerah dari Indonesia.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penulisan buku sejarah libatkan LIPI

Rabu, 3 Agustus 2022 | 09:42 WIB

Kemendikbudristek tarik dan revisi buku PPPKn

Rabu, 27 Juli 2022 | 13:05 WIB
X