Penulisan buku sejarah libatkan LIPI

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 09:42 WIB
Logo Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). (Foto: lipi.go.id)
Logo Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). (Foto: lipi.go.id)

 

Floresnews.id - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berencana melibatkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam penulisan buku sejarah lahirnya Kaltara.

Lembaga independen ini merupakan lembaga pemerintah non-kementerian (LPNK) yang dikoordinasikan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN).

Baca Juga: Dinkes Nagekeo minta balita ikut operasi timbang stunting

"Dengan melibatkan lembaga independen ini, kami berharap penulisan sejarah lahirnya Kaltara secara by data sehingga autentik, akurat, dan bersumber dari semua pelaku sejarah," kata Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa (2/8).

Dengan melibatkan LIPI, Gubernur juga berharap penulisan buku sejarah lahirnya provinsi ke-34 ini cepat terselesaikan, atau tidak ada lagi persepsi atau pemikiran yang berbeda.

Baca Juga: Menteri Sandiaga resmikan pergelaran seni dan budaya Tabut Bengkulu

Meskipun dalam pengerjaan sebuah penulisan sejarah tidak semudah yang dibayangkan, pria itu optimistis buku sejarah Kaltara dapat selesai pada tahun ini.

Penulisan sejarah itu, kata Zainal, butuh waktu karena harus mengumpulkan data dan fakta, riset, kajian, serta keabsahannya.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penulisan buku sejarah libatkan LIPI

Rabu, 3 Agustus 2022 | 09:42 WIB

Kemendikbudristek tarik dan revisi buku PPPKn

Rabu, 27 Juli 2022 | 13:05 WIB
X