Motif Parang Rusak Dalam Kasus 'Polisi Tembak Polisi'

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:06 WIB
Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka RR dan Kuat Ma'ruf (dok)
Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka RR dan Kuat Ma'ruf (dok)

Oleh: Ilham Bintang

Rasanya, belum pernah terjadi hampir seluruh rakyat Indonesia involved dan tanpa komando serempak bersuara seperti dalam kasus "Polisi Tembak Polisi".

Sejak kasus itu merebak tanggal 8 Juli lalu praktis sejak itulah ruang publik gemuruh. Tiada henti menyuarakan narasi tentang kebenaran, kejujuran, dan demi keadilan sesuai norma - norma kehidupan bermasyarakat.

Suara itu muncul di saluran media mainstream maupun di media sosial. Tidak ada yang bisa membendung.

Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bulan Juni lalu memang mencatat 210 juta rakyat Indonesia kini terhubung dengan internet.

Bisa jadi sebanyak pegguna internet itu yang bersuara di ruang publik menuntut pengungkapan kasus "Polisi Tembak Polisi" yang menggegerkan itu. Terutama ketika merespons keterangan para pejabat terkait yang ternyata mengada-ada, mengarang- ngarang.

Seperti yang terjadi setelah pimpinan Polri sendiri meralat konstruksi pertama mengenai peristiwa itu yang disebutkan dipicu oleh pelecehan seksual ajudan Brigadir J terhadap Putri Chandrawati, istri Irjenpol Fredy Sambo. Saya tidak akan mengurai lagi kontruksi peristiwa yang sudah diketahui luas masyarakat sesuai versi terbaru pihak Polri.

Hasil tim khusus Polri yang mengusut kasus itu kita sudah tahu. Mantan Kadiv Propam Irjen Pol Fredy Sambo bersama dua tersangka lainnya, RR dan KM telah ditetapkan tersangka dalam pembunuhan berencana Brigadir Yosua (pasal 340 KUHP). Adapun Baradha E tersangka sebagai pelaku pembunuhan sesuai pasal 338 KUHP.

Total 31 perwira Polri dari pangkat Bharada, perwira menengah hingga tiga perwira tinggi bintang satu kini diperiksa secara intensif dalam kasus itu.

Halaman:

Editor: Redaksi FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Surat dari Dapur Redaksi FEC Media

Rabu, 2 November 2022 | 09:25 WIB

Berjalan di Tengah Rimba Ranaka

Selasa, 20 September 2022 | 12:12 WIB

Berikut Tafsir Lengkap Dari Arti Mimpi Dikejar Ular

Jumat, 16 September 2022 | 13:44 WIB

8 Arti Mimpi Tentang Sekolah, Pertanda Baik Atau Buruk

Kamis, 15 September 2022 | 14:08 WIB

Tentang Parodi 'Polisi Fashion Week'

Selasa, 6 September 2022 | 18:55 WIB
X