Putusan Tipikor, Kades Bangka Lao Divonis 2,6 Tahun Penjara dan Membayar UP Senilai Ratusan Juta Rupiah

- Kamis, 24 November 2022 | 16:15 WIB
Putusan Tipikor, Kades Bangka Lao Divonis 2,6 Tahun Penjara dan Membayar UP Senilai Ratusan Juta Rupiah (Dok. Kejari Manggarai)
Putusan Tipikor, Kades Bangka Lao Divonis 2,6 Tahun Penjara dan Membayar UP Senilai Ratusan Juta Rupiah (Dok. Kejari Manggarai)

Ruteng, Floresnews.id - Sidang dengan agenda putusan atas terdakwa kasus korupsi Dana Desa (DD), Gregorius Serean Keka, dikabarkan telah berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Negeri Kelas I A Kupang, Kamis (24/11/2022).

Berdasarkan rilis yang diterima media dari pihak Kejaksaan Negeri Manggarai, Kamis sore, Sidang pembacaan putusan Tipikor tersebut dihadiri Hakim 1; Anak Agung Gde Oka, S.H; Hakim 2, Lizbet Adelina, S.H; dan Hakim 3; Mike Priyantini, S.H serta Jaksa penuntut umum, Hera Ayu Saputri,S.H.

Sementara Penasihat Hukum yang hadir dalam sidang putusan tersebut yakni, Penasihat Hukim 1; Marta Yublina Tafuli, S.H dan Penasihat Hukum 2; Faula Dewi Assegaf, S.H.

Baca Juga: Jepang Tawarkan Untuk Membantu Rehabilitasi Gempa Cianjur

Dalam sidang tersebut, terdakwa Gregorius Serena Keka, divonis 2 Tahun 6 Bulan Penjara karena secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar pasal 3 UU Tipikor dalam pengelolaan dana alokasi pendapatan dan belanja Desa Bangka Lao, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Tahun anggaran 2017, 2018 dan 2019.

Selain pidana penjara, terdakwa Gregorius Serean Keka juga mendapat hukuman untuk membayar denda sebesar Rp 100 juta subsidair 3 bulan kurungan.

Tak hanya itu, terdakwa juga dihukum untuk membayar uang pengganti senilai 544. 523.901 dan jika tidak membayar UP selambatnya 1 bulan maka harta bendanya dapat disita dan apabila harta bendanya tidak mencukupi untuk membayar UP maka pidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan.

Baca Juga: Google Sedang Menguji Fitur Baru,Balas Pesan Dengan Emoji

Terkait tuntutan itu, Jaksa Penuntut Umum Kejari Manggarai dan terdakwa menyatakan sikap pikir-pikir terhadap putusan tersebut.

Halaman:

Editor: Andy Paju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Artefak kuno ditemukan di China Barat Daya

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:50 WIB

BMKG Prakirakan Jambi Berpotensi Hujan Lebat

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:16 WIB

Peserta Reuni 212 Mulai Membubarkan Diri

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:39 WIB

Sebagian Besar Wilayah Indonesia Hari Ini Hujan Lebat

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:39 WIB
X