Peringatan Dini, Potensi Hujan Lebat Disertai Petir Terjadi di Wilayah Ini

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 12:36 WIB
Peringatan Dini, Potensi Hujan Lebat Disertai Petir Terjadi di Wilayah Ini
Peringatan Dini, Potensi Hujan Lebat Disertai Petir Terjadi di Wilayah Ini

 

Floresnews.id - Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, peringatan dini terkait potensi hujan lebat yang bisa disertai kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah di Tanah Air pada Kamis (6/9/2022).

Berdasarkan siaran informasi cuaca BMKG, hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang antara lain berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Jambi.

Kemudian, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Baca Juga: Bungkus Angkut Sertifikat Halal, PT Bio Farma Ekspor Vaksin Indovac

Lalu, bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Selanjutnya, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Papua Barat juga menghadapi potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Berikutnya, di wilayah Provinsi DKI Jakarta, hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang berpeluang terjadi pada sore dan menjelang malam hari di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Berdasarkan keterangan BMKG, peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi atau daerah pertemuan angin meningkatkan peluang hujan di wilayah Indonesia.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Artefak kuno ditemukan di China Barat Daya

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:50 WIB

BMKG Prakirakan Jambi Berpotensi Hujan Lebat

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:16 WIB

Peserta Reuni 212 Mulai Membubarkan Diri

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:39 WIB

Sebagian Besar Wilayah Indonesia Hari Ini Hujan Lebat

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:39 WIB
X