Pemprov Papua Barat rencanakan bentuk Satker Damkar

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:49 WIB
Pj Gubernur Papua Barat, Komjen Pol Paulus Waterpauw saat melepas kontingen Pramuka di pelabuhan laut Sorong.
Pj Gubernur Papua Barat, Komjen Pol Paulus Waterpauw saat melepas kontingen Pramuka di pelabuhan laut Sorong.

Floresnews.id - Pemerintah Provinsi Papua Barat merencanakan pembentukan Satuan Kerja (Satker) Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) terpisah dari Satuan Polisi Pamong Praja untuk optimalisasi kinerja pemerintahan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw di Manokwari, Selasa, menyebut ironis jika dalam setiap kebakaran di Manokwari yang merupakan ibu kota Provinsi Papua Barat tidak dapat tertangani dengan baik.

"Sampai saat ini kita tidak punya unit pemadam kebakaran. Setiap kebakaran yang terjadi hanya bermodalkan ember," kata Waterpauw.

Baca Juga: Peran 4 Tersangka di Kasus Brigadir J, Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati

Kinerja pemadam kebakaran dinilai tidak optimal karena hingga kini masih bernaung di bawah Satpol PP.

Hal lebih ironis, katanya, rumah salah satu pejabat Pemprov Papua juga terbakar karena lilin dan sejumlah dokumen penting hangus terbakar.

"Memang tidak ada korban jiwa, tetapi dokumen dan semua perlengkapan habis dilahap api. Mau bikin apa, kita cuma punya modal ember dan doa (peralatan pemadam kebakaran tidak ada, red.)," kata Waterpauw yang purnawirawan Polri berpangkat komisaris jenderal polisi itu.

Baca Juga: Saat Wabup Mabar Dampingi Uskup Ruteng di Nanga Nae, Labuan Bajo, Penuh Pesan Menyentuh

Dia berharap, Satker Damkar yang nanti dibentuk mampu memberikan solusi terhadap kebutuhan kota berkembang, seperti Manokwari.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X