Dekranasda NTT dorong penenun bermental wirausaha

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 15:38 WIB
Ketua Dekranasda NTT Julie Sutrisno  (Dok Dekranasda NTT)
Ketua Dekranasda NTT Julie Sutrisno (Dok Dekranasda NTT)

Floresnews.id - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Nusa Tenggara Timur (NTT) Julie Sutrison Laiskodat mendorong para penenun tenun ikat di provinsi itu agar bermental wirausaha untuk bisa bersaing di pasar.

"Penenun-penenun kita harus bisa memiliki mental enterpreneur dengan menjaga kualitas produk dan harga agar bisa bersaing," katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, Sabtu, (6/8/2022).

Ia meminta agar para penenun menghasilkan karya tenun secara rutin atau beberapa kain tenun dalam seminggu dengan menjaga kualitas. Produksi tenun ikat, kata dia, tidak bisa hanya dilakukan pada momentum tertentu seperti saat pameran, kunjungan pejabat, dan sebagainya.

Baca Juga: Datangi Bareskrim, Kuasa Hukum Bharada E Mengundurkan Diri

"Kalau hanya sekali-sekali seperti itu maka orang yang membeli juga mungkin hanya karena kasihan dan hanya saat itu saja, tidak berkelanjutan," katanya.

Penenun tenun ikat yang menggunakan pewarna dari tanaman, kata dia, juga bisa menghitung untuk mengantisipasi pasokan bahan baku yang sewaktu-waktu bisa habis dan harus didatangkan dari pihak lain.

Selain itu, menurut dia, wajib menghitung jasa menenun yang dikalkulasikan secara profesional dengan prinsip semakin tinggi tingkat kesulitan dalam menenun, maka nilai jasa lebih tinggi.

Julie Sutriso berharap semakin banyak para penenun tenun ikat bisa menjual produknya di Dekranasda dengan kualitas dan harga yang bisa bersaing agar bisa dipasarkan secara berkelanjutan.

Baca Juga: Simak! Ini 4 Teknik Bercinta Yang Dapat Menghasilkan Anak Kembar, Nomor 4 Paling OK

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Papua Barat rencanakan bentuk Satker Damkar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:49 WIB

Kepedulian Nunung Terhadap Sule Dan Anaknya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Rumah warga di Aceh Timur terbakar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 14:20 WIB

Polri harus jamin keamanan Bharada E

Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:55 WIB

Joko widodo Sebut Dunia Kritis

Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:47 WIB
X