Komnas HAM: Hak Asasi Istri Ferdy Sambo Harus Terpenuhi

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:40 WIB
Ahmad Taufan Damanik (Dok)
Ahmad Taufan Damanik (Dok)

 


Floresnews.id - Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik menyampaikan akan menyelidiki terkait Hak Asasi atas akses keadilan (Access To Justice) bagi keluarga Brigadir J dan Istri Irjen Ferdy Sambo.

"Dalam kasus Brigadir J ini, kami juga menyelidiki hak asasi atas akses keadilan terutama bagi keluarga Brigadir J. Salah satu ukuran akses atas keadilan tersebut adalah prinsip fair trial," ungkap Taufan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/8/2022).

"Itu standar hak asasi yang mesti dipenuhi, termasuk terhadap ibu PC yang mengadu ke polisi bahwa dia mengalami kekerasan seksual," sambungnya.

Baca Juga: 7.378 peserta BPJS Rejang Lebong menunggak iuran

Komnas HAM, lanjut Taufan, akan terus memantau kasus tersebut apakah ada0 unsur pelanggaran HAM. Pasalnya, banyak spekulasi dari masyarakat bahwa Brigadir J mengalami penyiksaan sebelum dirinya sebelum adu tembak melawan Bharada E yang kini ditetapkan sebagai tersangka.

"Ya pasti (tetap melakukan penyelidikan) untuk pemantauan dan penyelidikan memastikan apakah ada pelanggaran Hak Asasi Manusia terkait penyiksaan, kekerasan dan sebagainya," tuturnya.

Baca Juga: Datangi Markas AWSTAR Labuan Bajo, Bupati Edi Endi Minta Maaf, Ada Apa?

Di dalam standar HAM, lanjut Taufan, pihaknya mempunyai kewajiban untuk memperlakukan orang yang mengaku mengalami kekerasan atau pelecehan seksual. Meskipun pembuktian atas pengakuannya tersebut masih harus dibuktikan.

"Di dalam standar HAM seseorang yang mengadu atau mengaku mengalami kekerasan seksual secara khusus memang mesti diperlakukan sebagaimana seorang korban, meskipun pembuktian dia korban atau tidak masih harus dibuktikan," terangnya.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Papua Barat rencanakan bentuk Satker Damkar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:49 WIB

Kepedulian Nunung Terhadap Sule Dan Anaknya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Rumah warga di Aceh Timur terbakar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 14:20 WIB

Polri harus jamin keamanan Bharada E

Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:55 WIB

Joko widodo Sebut Dunia Kritis

Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:47 WIB
X