Terkait Video Nyanyi Lagu Pop Artis Saat Misa, Begini Kata Pastor Paroki St. Fransiskus Asisi Lamahoro

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:54 WIB
Terkait Video Nyanyi Lagu Pop Artis Saat Misa, Begini Kata Pastor Paroki St. Fransiskus Asisi Lamahoro, Lembata/Foto: tangkapan layar video viral OMK di Lembata nyanyi lagi pop artis saat perayaan ekaristi
Terkait Video Nyanyi Lagu Pop Artis Saat Misa, Begini Kata Pastor Paroki St. Fransiskus Asisi Lamahoro, Lembata/Foto: tangkapan layar video viral OMK di Lembata nyanyi lagi pop artis saat perayaan ekaristi

FloresNews.id - Pastor Paroki St. Fransiskus Asisi Lamahoro, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) akhirnya buka suara terkait  sebuah video viral sejumlah anggota koor menyanyikan lagu pop artis saat perayaan ekaristi di Lamahora, Lembata baru-baru ini.

Pastor Paroki St. Fransiskus Asisi Lamahora, Kabupaten Lembata, Pater Asterius Zangu Ate, C.Ss.R menyebut beberapa poin klarifikasi terhadap video viral tersebut.

Pertama kata Pater Asterius, konteks Perayaan Ekaristi saat itu merupakan perayaan pengukuhan pengurus OMK Lingkungan.

"Kedua, tidak ada niat sedikitpun, baik dari Pastor yang memimpin Misa maupun Teman-Teman OMK untuk mencederal tata Perayaan Ekaristi apalagi berniat menciptakan Liturgi yang baru", jelas Pater Asterius dalam rilis klarifikasi yang dikeluarkan pada, (4/8/2022) kemarin diterima media ini, (5/8/2022).

Baca Juga: Wow! Berikut urutan zodiak yang mempunyai gairah dan berskill tinggi dalam bercocok tanam

Kemudian yang ketiga katanya lebih lanjut, yang terjadi adalah miskomunikasi dan miskonsep antara Pastor dan Pengurus Lingkungan dalam mempersiapkan Perayaan Ekaristi.

"Konsep lagu-lagu yang ditawarkan dan disetujui oleh Pastor adalah lagu-lagu rohani bernuansa orang muda dan sesuai dengan Liturgi Gereja dengan maksud agar orang muda semakin tertarik untuk mengikuti Perayaan Ekaristi, sementara lagu-lagu yang dinyanyikan saat Perayaan Ekaristi adalah sebagaimana pada video yang telah beredar", jelasnya.

Pater Asgerius mengatakan, poin yang keempat terkait hal tersebut, Pastor yang memimpin Misa berniat untuk menegur langsung anggota koor saat sedang bernyanyi tetapi diurungkan karena berpikir bahwa hal itu juga akan mengganggu suasana perayaan itu sendiri. Baru setelah selesai Misa Pastor menyampaikan hal tersebut kepada Pengurus Lingkungan yang bersangkutan bahwasanya beberapa lagu yang dinyanyikan tersebut tidak layak untuk dinyanyikan dalam perayaan ekaristi dalam hal ini tidak sesuai dengan aturan liturgi.

Baca Juga: Twitter bantah menipu Elon Musk

"Pastor mengingatkan untuk tidak boleh lagi menyanyikan lagu-lagu pop sekuler dalam perayaan ekaristi dan diiyakan oleh Pengurus lingkungan tersebut", katanya.

Halaman:

Editor: Angelus Durma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Papua Barat rencanakan bentuk Satker Damkar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:49 WIB

Kepedulian Nunung Terhadap Sule Dan Anaknya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:00 WIB

Rumah warga di Aceh Timur terbakar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 14:20 WIB

Polri harus jamin keamanan Bharada E

Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:55 WIB

Joko widodo Sebut Dunia Kritis

Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:47 WIB
X