Tips menyusui agar kebutuhan kalori bayi tercukupi

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:04 WIB
Ilustrasi IBU menyusui Dalam melakukan pemberian Asi
Ilustrasi IBU menyusui Dalam melakukan pemberian Asi

Floresnews.id - Bagi ibu baru pengalaman menyusui untuk kali pertama menjadi sebuah tantangan tersendiri, karena ibu harus menyesuaikan diri demi mengetahui posisi yang nyaman bagi ibu dan bayi, sehingga ASI bisa mengalir lancar ke mulut buah hati.

Dikutip dari siaran resmi Tentang Anak, dokter spesialis anak dr. Dimple Gobind Nagrani, Sp.A mengatakan posisi menyusui yang benar dan nyaman bagi kedua pihak adalah salah satu cara untuk memastikan kalori bayi tercukupi lewat ASI.

Baca Juga: Putri Chandrawathi Jenguk Irjen Pol Ferdy Sambo di Mako Brimob: Saya Tulus Mencintai Suami Saya

Pastikan agar tubuh bayi menghadap ke tubuh ibu dalam satu garis lurus. Kemudian, carilah posisi di mana dagu bayi menempel di payudara ibu dan dada atau perut bayi menempel dengan perut ibu.

Ketika menyusui, tangan ibu harus menyangga leher dan punggung bayi, tapi ini tidak berlaku bila bayi disusui dalam posisi tidur. Selain itu, pastikan bayi menyusu dengan posisi mulut terbuka lebar dan dari areola payudara, bukan puting.

Ada kalanya ibu harus memompa ASI untuk mengosongkan payudara. Dimple juga memberikan kiat-kiatnya, diantaranya adalah memakai kompres hangat sebelum memompa. Ibu pun harus dalam posisi yang nyaman saat ingin memompa asi.

Sebelum proses dimulai, usahakan memijat payudara dan memompa kedua payudara. Urusan teknis yang harus diperhatikan adalah memastikan ukuran cup pompa pas dengan payudara.

Soal waktu yang tepat untuk memompa ASI, ada sedikit perbedaan tergantung dari apakah ibu memang biasa memberikan ASI perah untuk bayi karena tidak bisa bersama dengan anak sepanjang waktu, atau ibu yang rutin menyusui secara langsung.

Baca Juga: Tarif Lama di TNK Masih Berlaku, Pemprov NTT dan Pemkab Mabar Tak Punya Kewenangan Naikan Tarif

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Kebudayaan Congko Lokap Orang Manggarai

Kamis, 6 Oktober 2022 | 14:18 WIB

Benarkah Kopi dapat menurunkan Berat Badan?

Selasa, 4 Oktober 2022 | 14:07 WIB

Ramalan Zodiak Aries Minggu ini, Cek Yuk!

Selasa, 4 Oktober 2022 | 08:44 WIB
X