257 Kasus Pidana Sumatera Barat Selesai Melalui "Restorative Justice"

- Selasa, 28 Juni 2022 | 15:47 WIB
Kepala Polda Sumatera Barat, Inspektur Jenderal Polisi Teddy Minahasa Putra. ANTARA/ Mario S Nasution
Kepala Polda Sumatera Barat, Inspektur Jenderal Polisi Teddy Minahasa Putra. ANTARA/ Mario S Nasution

Floresnews.id - Kepolisian Daerah Sumatera Barat mencatat 257 kasus pidana di Sumatera Barat sepanjang 2022 ini dapat diselesaikan melalui restorative justice atau mengedepankan dialog atau mediasi dalam menyelesaikan kasus hukum yang terjadi di provinsi itu.

"Dari total 2.257 kasus yang terjadi 2022, 257 kasus dapat diselesaikan dengan musyawarah dan mufakat," kata Kepala Polda Sumatera Barat, Inspektur Jenderal Polisi Teddy Minahasa Putra, saat fokus grup terpumpun tentang restorative justice di Padang, Selasa

Sementara itu sepanjang 2021 dari 1.011 kasus diselesaikan dengan restorative justice dari 5.585 kasus yang terjadi di Sumatera Barat.

Baca Juga: KPK Dapat Informasi Ada Pihak Pengaruhi Saksi Dalam Kasus Dana PEN

Ia menilai ada beberapa manfaat yang diperoleh dalam restorative justice ini, pertama pertentangan sosial antara masyarakat dapat direduksi dengan menonjolkan asas musyawarah dan mufakat. "Hal ini juga berdampak terhadap kemudian efisiensi anggaran negara," katanya.

Ia menjelaskan terkait efisiensi anggaran ini harus diakui proses peradilan masih berbelit-belit. "Di internal kita saja ada proses penyelidikan, penyidikan hingga peradilan, itu memakan waktu yang panjang," kata dia.

Ia mengatakan sudah banyak contohnya di Satreskrim, Ditreskrimum, dan Ditreskrimsus terkait restorative justice itu kecuali pada kasus korupsi, terorisme, makar dan narkoba.

Baca Juga: Tangkap Pembunuh Wanita di Tangsel, Polisi: Pelaku Kepergok Curi Barang

Selain itu dia menjelaskan fokus grup terpumpun ini digelar dalam rangka menyusun tindak lanjut perjanjian kerjasama pada Maret lalu dengan LKAAM Sumatera Barat.

Halaman:

Editor: Andy Paju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Artis Ditangkap Polisi Terkait Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 9 Agustus 2022 | 10:15 WIB

Polri umumkan tersangka baru tewasnya Brigadir J

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:56 WIB

Polisi kejar perampok travel di Rejang Lebong

Senin, 8 Agustus 2022 | 06:30 WIB

Polisi Tembak Pentolan Geng Motor Saat Coba Kabur

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 19:38 WIB
X