Emas Hitam Indonesia yang Bikin Iri Dunia, 'Harta Karun' yang Dilirik-lirik

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 08:53 WIB
Emas Hitam Indonesia yang Bikin Iri Dunia, 'Harta Karun' yang Dilirik-lirik/Foto: Infografis/Cadangan Batu Bara RI/CNBC Indonesia
Emas Hitam Indonesia yang Bikin Iri Dunia, 'Harta Karun' yang Dilirik-lirik/Foto: Infografis/Cadangan Batu Bara RI/CNBC Indonesia

FloresNews.id - Selain negara besar dan majemuk, Indonesia adalah Negara yang begitu terkenal dengan sumber daya alamnya.

Saking banyaknya sumber daya alam dalam Negeri ini, sampai-sampai dunia melirik-lirik apa yang menjadi kepunyaan Indonesia tersebut.

Bagaimana tidak, selain pariwisata yang memantik turis luar negeri berkunjung ke Indonesia, di tanah air juga memiliki kekayaan alam lainnya yang begitu melimpah.

Kekayaan alam seperti emas, nikel dan masih banyak lagi. Tak heran, Indonesia adalah salah satu dari 12 Negara di dunia sebagai penghasil emas terbesar di dunia.

Baca Juga: Oktober Bulan Maria Penuh Suci dalam Tradisi Umat Katolik Sedunia, Lantunkan Doa Rosario

Saking banyaknya emas di Indonesia yang populer dengan berwarna kuning, di Negeri besar ini juga ternyata ada pula emas berwarna hitam.

Jenis emas hitam ini yang biasa didebut sebagai 'harta karun' tanah air yang kemudian bikin iri dunia atas cadangan dan produksinya. 'Harta karun', itu adalah batu bara.

Mengutip CNBC indonesia, Kamis, (6/10/2022), berdasarkan catatan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), cadangan batu bara Indonesia mencapai sebanyak 31,7 miliar ton. Tahun ini produksi batu bara Indonesia ditarget mencapai 663 juta ton.

Sejatinya, penggunaan batu bara ke depan akan terancam tatkala dunia akan memasuki masa transisi energi dari energi fosil menuju energi bersih atau energi baru dan terbarukan (EBT), demi mencapai net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

Baca Juga: Ini Arti Mimpi Ditabrak Motor Menurut Primbon Jawa

Halaman:

Editor: Angelus Durma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Rekomendasi Wisata NTT yang Menarik dan Memukau

Rabu, 30 November 2022 | 12:53 WIB

UMKM Selamatkan Ekonomi Indonesia

Senin, 28 November 2022 | 00:13 WIB

Menaklukan Wolokolong

Sabtu, 26 November 2022 | 13:33 WIB
X