Bank sentral Meksiko Buat Rekor Kenaikan Suku Bunga

- Jumat, 24 Juni 2022 | 08:45 WIB
Foto Dokumen: Peso Meksiko terlihat dalam ilustrasi gambar ini pada 3 Agustus 2017. ANTARA/REUTERS/Edgard Garrido/Ilustration
Foto Dokumen: Peso Meksiko terlihat dalam ilustrasi gambar ini pada 3 Agustus 2017. ANTARA/REUTERS/Edgard Garrido/Ilustration

Floresnews.id - Bank sentral Meksiko pada Kamis (23/6/2022) menaikkan suku bunga acuannya dengan rekor 75 basis poin menjadi 7,75 persen, mengatakan akan menaikkan suku bunga lagi dan sebanyak yang diperlukan untuk menjinakkan inflasi yang melonjak dua kali lipat dari targetnya.

Inflasi sepanjang tahun hingga pertengahan Juni mencapai 7,88 persen, data menunjukkan pada hari sebelumnya, jauh di atas target bank sentral 3,0 persen, plus atau minus satu poin persentase.

"Untuk keputusan kebijakan selanjutnya, dewan bermaksud untuk terus menaikkan suku bunga acuan dan akan mengevaluasi mengambil tindakan tegas yang sama jika kondisinya mengharuskan," demikian pernyataan bank sentral usai pertemuan akibat kenaikan suku bunga ke sembilan kali secara berturut-turut.

Baca Juga: Indodax Nilai Perkembangan Metaverse Akan Dorong Kemajuan Teknologi

Kelima anggota dewan memberikan suara bulat untuk kenaikan suku bunga, kenaikan terbesar di bawah rezim bank sentral Meksiko saat ini, sejak 2008.

Banxico, demikian nama bank sentral tersebut, telah berusaha untuk menekan harga-harga konsumen yang melonjak. Bank sentral telah meningkatkan suku bunga acuan sebesar 375 basis poin sejak pertengahan 2021.

Langkah Kamis (23/6/2022) menggemakan kenaikan Federal Reserve AS minggu lalu sebesar tiga perempat poin persentase, peningkatan terbesar dalam lebih dari 25 tahun. Pembuat kebijakan di kekuatan regional Brazil menaikkan suku bunga menjadi 13,25 persen dan memperkirakan kenaikan lain untuk Agustus.

Baca Juga: Sanksi Atas Kecurangan, Pertamina Tutup SPBU Di Serang Selama 6 Bulan

Banxico menggarisbawahi bahwa selain guncangan inflasi dari pandemi COVID-19, ada tekanan terkait dengan perang Rusia di Ukraina dan tindakan penguncian ketat yang diberlakukan oleh China.

Halaman:

Editor: Andy Paju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga emas menguat

Selasa, 9 Agustus 2022 | 09:49 WIB

Ekspor melesat 19,74 persen pada triwulan II 2022

Jumat, 5 Agustus 2022 | 11:46 WIB
X